Jaga Imunitas Tubuh, Aksi Sosial Komunitas Peace Maker Bersama Putra-putri HAKKA NTT

Salah satu hal yang penting saat pandemi Covid 19 ini selain mencuci tangan dan menjaga kebersihan tubuh tetapi juga harus menjaga imunitas tubuh agar dapat meningkatkan kinerja sistem imun dalam melawan infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Oleh sebab itu KOMPAK dan HAKKA merasa perlu melakukan aksi social dengan membagikan Vitamin C terkhusus bagi para pedagang lapak, Relawan Petugas dinas kebersihan, dan jejaring komunitas penyandang disabilitas.

Komunitas Peace Maker Kupang (KOMPAK)-orang muda lintas agama bersama Putra – putri HAKKA (PPHI) NTT melakukan aksi social Jaga Imunitas Tubuh Dengan Vitamin C di tiga Pasar Tradisional Kota Kupang yaitu Oeba, Pasar Oeba dan Pasar Oebobo, kepada sejumlah Relawan Dinas Kebersihan, Relawan Rumah Trauma dan Aliansi Penyandang Disabilitas (APDIS) NTT setiap Sabtu di bulan juli 2020 (6,13, 17, 25/07/2020).

Aksi yang dinamakan Sabtu Sosial bertemakan “Jaga Imunitas Tubuh dengan Vitamin C” melibatkan kurang lebih 21 peserta dari kedua kelompok dengan mematuhi protocol covid-19. Pada pembagian vitamin di pasar penerima vitamin menukarkannya dengan kupon/karcis Harian pedagang, tujuannya untuk menghindari pendobelan vitamin yang diberikan. Dipasar aksi dilakukan saat terik matahari mulai mengengat yaitu sekitar pukul 09.00 WITA, hal ini terpaksa dilakukan karena bertepatan dengan waktu ramai dipasar, sebelum para pedagang pulang karena jualannya telah selesai.

Yofan Fernandes Koordinator Lapangan mengatakan bahwa Kegiatan ini perlu dilakukan karena melihat kondisi para pedagang lapak yang sehari-hari harus keluar dan berinteraksi dengan orang banyak. “Kegiatan ini perlu dilakukan karena melihat kondisi para pedagang lapak yang sehari-hari harus keluar dan berinteraksi dengan orang banyak yang mungkin sangat mudah tertular virus jika tidak di imbangi imunitas tubuh yang kuat,” kata Yofan.

Sementara, Ketua PPHI NTT Indra Efendi menjelaskan tentang data penerima vitamin yang di bagikan. “Sebanyak 4.452 Vitamin C telah dibagikan kepada 2.226 orang laki-laki dan perempuan di 11 titik pembagian. Rangkaian kegiatan yang dilakukan selama 4x di bulan juli ini berjalan dengan lancar  berkat koordinai yang baik semua unsur,” jelas Indra yang sekaligus merupakan Ketua Umat Budha NTT tersebut. 

Indra juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada orang muda KOMPAK. “Terimakasih teman-teman orang muda KOMPAK dan pengurus PPHI NTT yang terus dan masih semangat dalam kegiatan  kita berbagi vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh Basodara kita di kota Kupang, khususnya Bapa Mama yang berjualan, dan petugas kebersihan serta saudara-saudara penyandang disabilitas. semoga apa yang kita bagikan dapat bermanfaat karena mereka tidak ada pilihan untuk di rumah saja atau bekerja dari rumah,”  papar Indra.

Suasana distribusi Vitamin C 250 mg dan penjelasan aturan konsumsi kepada Bapa Mama pedagang pasar

Ketua Perhimpunan Mandiri Kusta Indonesia (Permata), Paulus mengungkapkan bahwa pembagian vitamin ini sangat sesuai dengan kebutuhan mereka. “pembagian vitamin ini sangat sesuai dengan kebutuhan kami (disabilitas karena kusta) sebab kondisi kami sendiri membutuhkan daya tahan tubuh yang harus terjaga, jadi kami berterimakasih banyak untuk perhatian dari Hakka dan KOMPAK ini,” ungkap Paulus.

Selain itu Sekretaris PPHI NTT, David Kenenbudi menyampaikan bahwa dengan Bantuan KOMPAK PPHI bisa menjangkau lebih banyak orang. “dengan Bantuan KOMPAK PPHI bisa menjangkau lebih banyak orang, bisa berkenalan dan bercerita langsung dengan Anggota APDIS NTT, semoga kedepan kerjasama ini terus berlanjut dalam kegiatan-kegiatan lainnya,” pungkas David.

Aksi tersebut biasanya berakhir pukul 12.00 WITA.

***Penulis : Ririn Asatiana dan Roland Kappy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *