Kecamatan Lebatukan merupakan salah satu kecamatan dari sembilan kecamatan yang ada di kabupaten lembata lebatukan juga merupakan salah satu kecamatan yang menjad kecamatan dampingan CIS Timor dalam kemitraan dengan PLAN Internasional area Lembata. Di Lebatukan sendiri terdapat 17 desa yang ada dalam kecamatan terseebut 9 desa yang berada di wilayah pegunungan yang masyarkat setempat sering menyebut desa-desa tersebut dengan sebutan leragere, dan desa-desa yang lain berada di wilayah pesisir pantai.

Tepatnya pada hari Rabu tanggal 30 mei 2018, anak-anak muda Lebatukan telah membuat sejarah baru di kecamatan tersebut, anak-anak muda lebatukan yang terdiri dari perwakilan karang taruna 17 desa telah bersepakat membentuk sebuah organisasi anak muda tingkat kecamatan. Organisasi tersebut mereka namai dengan nama Karang Taruna Lebatukan.

Veronika Kailuli – Ketua Karang Taruna Kec.Lebatukan

Dalam proses ini Veronika Kailuli terpilih menjadi ketua karang taruna Kecamatan Lebatukan masa bakti 2018-2021. Dalam sambutan awalnya iya mengatakan “karang taruna merupakan organisasi masyarakat yang sifatnya kerelawanan, kerja karang taruna merupakan kerja sosial, sehingga bukan proses hari ini menjadi akhir dari segala proses melainkan mari bergandeng tangan membangun tanah lebatukan tercinta ini”. Proses hari itu juga badan pengurus inti langsung memilih badan pengurusnya sebanyak 10 bidang yang merupakan perwakilan dari desa-desa.

No Jabatan Nama
1 Ketua Veronika Kailuli.
2 Wakil Ketua Fian Alvian Sofian Manuk
3 Sekertaris 1 Antonius Boli
4 Sekertaris 2 Paulus Bala Raring
5 Bendahara Gregorius Pari
6 Organisasi dan pengembangan  sumber daya manusia Katarina Lesa
7 Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Theofilla Reu Raring
8 Kewirausahaan dan pengembangan ekonomi kreatif Lambertina Jaji
9 Kerohanian dan Pembinaan Mental Fr. Yovan Koten
10 Olah raga Saban Tokan dan Muhidin
11 Hukum advokasi dan hak asasi manusia Veronika Gizella
12 Komunikasi dan advokasi Yohanes Kopong Muda
13 Seni budaya Ruslan Leni
14 Lingkungan hidup dan pariwisata Ignas Wato
15 Humas, publikasi dan pengembangan jaringan

kemitraan

Iren Lefor

 

Bapak Camat Lebatukan memberi apresiasi yang luarbiasa kepada para pemuda yang sudah mau memberi diri kepada organisasi ini. menurutnya karang taruna harus menjadi mitra yaang potensial dari pihak kecamatan sehingga mampu memajukan kecamatan ini dan meningkatkan peran anak muda dalam segala aspek. Karang taruna kecamatan hars mampu mejaalankan fungisi komunikasi yang baik dengan karang taruna desa yang sudah terbentuk, sehingga ada sinergi antara desa dan kecamatan dalam fungsi organisasi. ***Dismas Fernando

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *