Mitigasi Preventif Dalam Upaya Menghentikan Penyebaran COVID-19

Virus corona dengan penyakitnya yang dikenal dengan Covid-19 yang sedang mewabah memang meresahkan hampir seluruh belahan dunia. Bukti menunjukkan bahwa virus corona lebih mudah penyebarannya dan dapat bertahan hidup di udara dan di permukaan benda dalam waktu yang cukup lama. Siapa pun dapat terinfeksi virus ini. Gejalanya adalah batuk, sesak nafas, sakit kepala dan lain-lain. Kenyataannya meskipun seseorang tidak mengalami gejala-gejala tersebut tetapi vitus dapat berkembang biak dalam tubuhnya sehingga menjadikan seorang penderita dapat menularkan kepada orang lain. Oleh karena itu, penting untuk masyarakat mengetahui cara pencegahan apalagi bagi masyarakat yang masih harus bekerja dan beraktifitas di luar rumah.

Perkumpulan Relawan CIS Timor melalui Program Youth Voice for Inclusive Borders didukung Voice melakukan tindakan mitigasi preventif dalam upaya menghentikan penyebaran Covid-19 dengan melakukan kegiatan-kegiatan kampanye online melalui media eletronik dan media sosial serta kampanye offline. Bentuk kegiatan kampanye offline yang dilakukan adalah pembagian masker, hand sanitizer, poster, stiker, dan leaflet yang berisikan informasi tentang penularan dan cara pencegahan. Juga ada pemasangan papan kampanye di tempat-tempat strategis dalam desa yang berisi informasi tentang apa itu Covid-19, gejala dan cara pencegahannya.

Harapan dari kegiatan ini adalah masyarakat terutama di lokasi dampingan program semakin sadar akan bahaya akibat Covid-19 dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk melawan penyebaran Covid-19 seperti memakai masker saat keluar rumah, sering mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan menjaga jarak ketika berada di keramaian. ***Dance Fallo

#stopcoronavirus #cistimor #communityorganizer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *