Foto: Nato Moreira

Panen Perdana Anggur Pemuda

Community Organizer (CO) Desa Silawan

 

Hari Minggu 26 Juli 2020 selepas misa di Gereja Stasi Silawan, kelompok orang muda Desa Silawan melakukan panen perdana anggur di kebun anggun milik pemuda Community Organizer (CO) Desa Silawan bentukan CIS Timor.

Desa Silawan merupakan salah satu desa di perbatasan Indonesia dan Republica Democratic Timor Leste yang merupakan dampingan program CIS Timor Youth Voice for Inclusive Borders, program ini didukung oleh VOICE. Kegiatan membuat kebun anggur pemuda ini adalah bentuk aksi pemuda CO Desa Silawan yang direncanakan lewat pertemuan Reguler Pemuda dan disampaikan lewat pertemuan Goverment atau pemerintah desa Silawan.

Foto: Nato Moreira

Lewat pertemuan tersebut pemerintah desa sangat mendukung rencana pemuda membuat kebun anggur. Ini menjawab salah satu tujuan program di Desa Silawan terkait budidaya tanaman anggur di desa-desa perbatasan. Mengapa? Karena Desa Silawan sebagai desa perbatasan yang juga mempunyai destinasi wisata perbatasan seperti Pos Lintas Batas Negara Motaain, jembatan Mangrove dan pantai Motaain, sehingga budidaya tanaman anggur ini menjadi salah satu pendukung kegiatan ekonomi kreatif di tingkat lokal Desa agar para pengunjung yang datang di daerah perbatasan bisa membeli anggur sebagai oleh-oleh dari perbatasan selain souvenir.

Foto: Nato Moreira

Pemuda Desa Silawan sendiri sejak menanamnya bersama Pemerintah Desa, Tokoh Agama, Tokoh Adat/ Masyarakat dan juga Tentara Perbatasan pada 26 Januari 2019 juga mendapat bimbingan dari tentara perbatasan, Babinsa dan juga PPL yang ada di Desa mulai dari proses pembibitan, tanam, pemupukan dan panen. Total tanaman anggur yang di tanam berjumlah 50 pohon, proses penyiraman dengan sistem perpipaan yang di kontrol oleh pemuda sendiri. Satu tahun enam bulan tepatnya pada minggu 26 Juli 2020 adalah panen perdana.

Hasil panen ini di jual dan dana tersebut menjadi khas pemuda Silawan. CIS Timor sebagai pelaku program yang mendampingi pemuda di Desa juga memberikan penguatan dan capacity building yang salah satunya adalah Pengorganisasian dan Kepemimpinan lewat sekolah informal. Ini sebagai modal kepada pemuda dalam mengorganisir masyarakat, pemuda di desa dan advokasi kebijakan terkait persoalan ekonomi, kesehatan dan pendidikan pada level Desa dan Kabupaten.

Budidaya anggur di Desa Silawan adalah mimpi yang terjawab dari hasil VISIONING yang di buat bersama CIS Timor sebagai fasilitator, Pemerintah Desa, Masyarakat dan Pemuda Desa pada tahun 2012, dimana masyarakat pada saat itu membangun mimpi 10 tahun kedepan Silawan menjadi Desa Anggur.

*Nato Moreira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *