Partisipasi Tim PfRSP dari NTT

didalam Indonesia Development Forum

Jakarta, 10 –11 Juli 2018

Kementerian PPN/Bappenas Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Australia melalui Knowledge Sector Initiative (KSI) akan menggelar Indonesia Development Forum (IDF) pada tanggal 10 – 11 Juli 2018 di Jakarta. IDF 2018 ini mengusung tema “Pathways to Tackle Regional Disparities Across the Archipelago”.

IDF akan membahas bagaimana mengatasi disparitas di berbagai daerah di Indonesia, mengingat bahwa ada banyak hal yang sudah dicapai oleh Pemerintah Indonesia dalam satu tahun ini, termasuk di lingkup provinsi NTT.

© Muchrizal Harris
© Muchrizal Harris
© Muchrizal Harris

Program Partners for Resilience Strategic Partnership (PfR SP) yang dilakukan oleh CARE International Indonesia bekerjasama dengan CIS Timor di NTT dan beberapa daerah di Indonesia, memiliki sejumlah evidence yang bisa ditunjukan kepada peserta dan penyenggara IDF berkaitan dengan upaya-upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang diadvokasi melalui dana desa. Salah satu yang akan ditujukkan di dalam forum ini adalah kegiatan pertanian terintegrasi berbasis komoditi ubi jalar ungu sebagai tanaman pangan yang toleran terhadap kekeringan.

Dokumentasi © Muchrizal Harris
© Muchrizal Harris

Untuk itu, maka PfR SP CII-CIS Timor mengutus 2 orang untuk berpartipasi aktif di dalam forum tersebut, khususnya selaku pembicara (speaker) dalam sesi Pasar Ide & Inovasi (Marketplace) yaitu Haris Oematan (Direktur CIS Timor) dan Siprianus Anin ( Aktor PfRSP, pegiat Ubi Ungu dari Desa Linamnutu – Kab TTS).

Dan tujuan dari partisipasi ini adalah :

  • Berbagi praktik terbaik mengenai kegiatan berbasis PRT, yakni penanaman ubi jalar ungu sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kejadian rawan pangan akibat kekeringan yang utamanya disebabkan oleh perubahan iklim,
  • Berbagi tentang bagaimana praktik terbaik ini telah direplikasi dalam program desa melalui dana desa
  • Memengaruhi cara pandang para peserta dan pengambil kebijakan dari pusat dan daerah yang hadir dalam forum ini dengan pesan kunci IRM “Peluang Dana Desa untuk Adaptasi Perubahan Iklim di daerah-daerah semi ringkai (arid) di NTT dan bagian Indonesia lainnyamelalui komoditas ubi ungu yang sudah teruji toleran terhadap kekeringan.”
  • Menimba pengetahuan dan informasi yang relevan di dalam forum ini yang dapat diaplikasikan di dalam program PfRSP di NTT ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *