Revitalisasi Karang Taruna Lembata

Pada Bulan November 2017 yang lalu CIS Timor Dalam kemitraan yang kuat dengan Plan International Indonesia  Program Imlementasi area Lembata, bekerja sama Dengan pemerintah Kabupaten Lembata untuk bersama-sama memperkuat Organisasi Orang muda desa yakni Karang Taruna yang berada di wilayah Kabupaten Lembata.

Pemerintah Kabupaten Lembata memberi apresiasi yang mendalam kepada CIS Timor dan PLAN Lembata karena samapai saat ini masih setia bekerjasama dengan masyarakat lembata. Perwakilan pemerintah yang diwaklili oleh asisten 1 berharap program ini dapat membawa dampak positif kepada semua desa penerima manfaat program ini.

Launching Program Partisispasi Anak & Pemuda musrenbang Desa Layak anak di Kabupaten Lembata

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Palm Indah pada tanggal 13 desember 2017 lalu, pimpinan PLAN pia Lembata , Ibu Herlina Dangu menegaskan bahwa kegiatan ini akan dilakukan di 5 kecamatan ( Ile Ape, Ile Ape Timur, Lebatukan, Buyasuri dan Omesuri) dan ada 79 desa yang di sasar oleh PLAN dan CIS Timor sebagai implementor program. Beliau berharap dari 79 desa tersebut hendaknya pemerintah dapat mereplikasi kegiatan tersebut ke desa-desa yang lain. Pada fase pertama ini akan lebih fokus pada kelembagaan karang taruna tersebut.

Dalam hal ini melakukan revitalisasi karang taruna desa dan kecamatan, melakukan pendampingan untuk pembahasan program kerja tahunan dan pendampingan pelatihan manajemen kepemimpinan, keuangan dan organisasi.

Hal ini bertujuan untuk memperkuat anak muda di desa sehingga mampu menjadi mitra pemerintah desa untuk melakukan proses pembangunan desa yang mandiri dan berdaya saing.

Penandatangan komitmen bersama Pemerintah Desa sebagai bentuk dukungan program

Kegiatan ini dihadiri oleh 163 orang yang merupakan perwakilan kepala desa dan tokoh pemuda dari 79 desa dan camat dari 5 kecamatan. Di akhir kegiatan launhing tersebut ada penandatangan komitmen keja bersama antara pemerintah desa,  CIS Lembata serta PLAN pia Lembata. Penandatanganan komitmen kerja ini merupakan salah satu bentuk  dukungan pemerintah desa terhadap program ini

***Dismas Fernando

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *